Minggu, 09 Juni 2013

GAME PROCESSING


Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman (development environment) open source untuk memprogram gambar, animasi dan interaksi. Digunakan oleh pelajar, seniman, desainer, peneliti, dan hobbyist untuk belajar, membuat prototipe, dan produksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak (software) dan tool produksi profesional. Selain itu processing juga dapat di gunakan sebagai bahasa pemrograman untuk pembuatan game. Bagi anda yang tertarik untuk membuat game dengan bahasa ini, ikuti langkah-langkah berikut. Yang dimulai dari perancangan, implementasi hingga tahap uji coba.


Perancangan Program

Game yang akan saya buat dengan bahasa pemrograman processing, yaitu Shoot bubble. Dalam permainan kita diharuskan menembak bubble yang muncul dan bubble tidak boleh menyentuh dasar. Apabila bubble menyentuh dasar maka akan game over


********SOURCE CODE GAME************

PFont fontA;
  int sphereDiameter = 10;
  boolean shoot = false;
#TERJADI PENGGABUNGAN ANTARA UNION DAN INTERSECTION YANG MENGHASILKAN FALSE
 
int randx()
  {
    return int(random(600));
  }
#LAYAR DIMANA INTEGER YANG BERUPA RANDOM
 
  int[] sphereXCoords = { randx(), randx(), randx(), randx(), randx() };
#DISINI KELUAR BOLA2NYA
  int[] sphereYCoords = { 0, 0, 0, 0, 0 };
 

  void setup()
  {
    size(600,620);
  }
#UKURAN LAYAR 600 X 600 PIXEL
  void draw()
  {

    background(0);
#BACKGROUN BEWARNA HITAM
 
  fill(color(0,255,0));
#WARNA HIJAU

    stroke(color(0,255,0));
#WARAN HIJAU UNTUK FONT

    triangle(mouseX-8, 580, mouseX+8, 580, mouseX, 565);
    fill(color(255,0,0));
#WARNA MERAH UNTUK SENSOR
    stroke(color(255,0,0));
  #WARNA MERAH JIKA DI KILK
    if(shoot==true)
    {
#JIKA MENEMBAK KELUAR WARNA MERAH

      sphereKiller(mouseX);
      shoot = false;
    }
# JIKA TIDAK MENEMBAK TIDAK ADA AKTIVITAS APAPUN
 
    sphereDropper();
    gameEnder();
  }
 
  void mousePressed()
  {
    shoot = true;
  }
 
  void sphereDropper()
  {
    stroke(255);
    fill(255);
    for (int i=0; i<5; i++)
    {
      ellipse(sphereXCoords[i], sphereYCoords[i]++,
              sphereDiameter, sphereDiameter);
    }
  }
 
  void sphereKiller(int shotX)
  {
    boolean hit = false;
    for (int i = 0; i < 5; i++)
    {
      if((shotX >= (sphereXCoords[i]-sphereDiameter/2)) &&
         (shotX <= (sphereXCoords[i]+sphereDiameter/2)))
      {
        hit = true;
        line(mouseX, 565, mouseX, sphereYCoords[i]);
        ellipse(sphereXCoords[i], sphereYCoords[i],
                sphereDiameter+25, sphereDiameter+25);
        sphereXCoords[i] = randx();
        sphereYCoords[i] = 0;
      }  
    }
 
    if(hit == false)
    {
      line(mouseX, 565, mouseX, 0);
    }
 
  }
 
  void gameEnder()
  {
    for (int i=0; i< 5; i++)
    {
      if(sphereYCoords[i]==600)
      {
        fill(color(255,0,0));
        noLoop();
      }
    }
  }

#STATE AWAL

#GAME OVER



Tidak ada komentar:

Posting Komentar